Choose the language.
flagflag
Premiun version
プレミアム・バージョン開始
MENU
ログイン
Username:

Password:



Lost Password?

Register now!
スマートフォン
iPhone/Android

Kali ini saya ingin berbagi ilmu tata cara dan aturan ketika memberikan nama untuk bayi dalam islam. Nama sangatlah penting, nama seseorang menunjukan apa agamanya. Para malaikat akan memanggil seseorang dengan nama lengkap yang ia dapatkan dari orang tua. (bukhori muslim)

Begitu juga dengan sesama penghuni surga, mereka akan saling memanggil nama – nama mereka. Mohon maaf bisa dibayangkan bukan, kalau seseorang memiliki nama yang tidak indah dari segi makna dan kata, ada orang tua yang menamai anaknya dengan ‘ yaumul akhir’, tidak lucu kan. Coba bayangkan bagaimana malaikat memanggil namanya di surga,

” wahai yaumul akhir masuklah ke dalam surga Tuhanmu.” Tentu tidak elok didengar bukan.

Ada sebagian orang tua karena ingin tabbaruk dengan al Qur’an ketika bayinya lahir, dia ingin memberi nama anaknya dengan cara membuka halaman al Qur’an secara acak, di kata manapun matanya tertuju, nama itulah yang akan diberikan pada bayinya. Sehingga munculah nama seperti tadi. Banyak orang tua yang seperti ini karena kurangnya ilmu.

Seorang ayah lebih berhak memilihkan dan memberikan nama bagi anaknya daripada ibu. Karena nama anak itu akan disandarkan pada ayahnya bukan kepada ibu. Juga seorang ayah adalah pemimpin keluarga, maka salah satu haknya adalam memilihkan nama untuk sang bayi.

Ketika memilihkan nama, sebaiknya tidak memberikan nama yang mengandung makna dan arti yang jelek. Sebagai seorang muslim yang bangga dengan agamanya berikanlah nama – nama islami yang mencerminkan kebanggaanya sebagi muslim tidak memilih nama yang mirip dengan nama – nama musuh Allah dan musuh Islam, seperti nama – nama pemimpin kekufuran dan kesesatan.

Berilah nama – nama indah seperti Muhammad, Abdullah, nama – nama para nabi dan orang – orang soleh. Bagi sebagian orang nama yang agak kebarat – baratan terlihat keren, karena kecintaan mereka dengan tokoh – tokoh non muslim, pemilik nama sangat buruk, tokoh kema’siyatan. Nama juga salah satu syiar Islam, sebuah nama menunjukan agamanya.

Kita bisa lihat, Negara – Negara yang masuk dalam pelukan Islam, penduduknya meninggalkan kebanggaan nenek moyangnya menuju kebanggaan Islam, yang menyedihkan ketika Indonesia menjadi muslim, mereka masih bangga dengan syiar nenek moyangnya.

Beberapa aturan ketika memberikan nama.

      Berikan anak nama – nama yang shar’e dan Islami.
      Tidak panjang, tidak lebih dari dua kata, apalagi sampai empat kata padahal yang dipanggil hanya satu. Sandingkan nama yang diberi dengan nama orang tua.
      Pilhkan nama yang indah ketika didengar telinga, memiliki makna yang bagus. Coba bandingkan lebih indah mana antara dua nama ini, SUMINTO dengan ABDULLAH? Fransiska dengan AISYAH?

imam at thobari berkata: “tidak boleh menamakan anak yang memiliki makna yang jelek, nama yang mengandung cacian.”

      Beri nama Abdullah atau Muhammad ada sebuah hadis dari Nabi saw,

” خير الأسماء ما عبد أو حمد”

“ sebaik – baik nama adalah Abdullah ( atau yang disandarkan dengan abd kemudian nama – nama Allah, pen) dan Muhammad.” source: http://www.danifin.net/2017/04/1001-rangkaian-nama-bayi-laki-laki.html


Front page   Edit Freeze Diff Backup Upload Copy Rename ReloadPrint View   New Page Page list Search Recent changes   Help   RSS of recent changes (RSS 1.0) RSS of recent changes (RSS 2.0) RSS of recent changes (RSS Atom) Powered by xpWiki
Counter: 138, today: 2, yesterday: 0
Princeps date: 2017-08-12 (Sat) 07:18:47
Last-modified: 2017-08-12 (Sat) 07:18:47 (JST) (126d) by ゲスト
termscompany