Choose the language.
flagflag
Premiun version
プレミアム・バージョン開始
MENU
ログイン
Username:

Password:



Lost Password?

Register now!
スマートフォン
iPhone/Android

Cara Mengobati Ambeien Saat Hamil Berdiri tak nyaman, duduk pun tak nyaman, sensasi panas dan gatal pada dubur yang mengganggu sudah menjadi langganan sehari-hari. Hati-hati mungkin yang anda rasakan adalah gejala penyakit ambeien. Jika ini pengalaman pertama anda, sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu sebenarnya, apa sih ambeien itu? Penyakit ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah pada bagian poros usus yang menyebabkan tonjolan pada dubur baik di bagian dalam atau luar yang bentuknya kurang lebih menyerupai bisul berwarna merah kebiruan.

Para ahli kesehatan banyak memberikan spekulasi tentang penyebab penyakit ambeien. Diantaranya, bahwa penyakit ambeien atau wasir disebabkan oleh kebiasaan duduk selama berjam-jam lamanya. Sehingga, terjadi penyumbatan aliran darah pada dubur akibatnya terjadi penebalan jaringan mati pada area sekitar dubur. Spekulasi lainnya bahwa penyakit ambeien atau wasir disebabkan oleh kebiasaan mengejan yang terlalu berlebihan akibat sembelit. Ambeien bisa terasa sangat gatal bahkan menyakitkan, membuat Anda merasa tidak nyaman saat duduk. Walaupun begitu, ambeien bukanlah suatu kondisi yang harus Anda khawatirkan. Ambeien saat hamil umum terjadi dan mempengaruhi banyak wanita hamil, terutama di akhir trimester kedua hingga selama trimester ketiga usia kehamilan.

Apa penyebab ambeien saat hamil Kehamilan membuat Anda lebih rentan terhadap ambeien dan varises kaki, dan terkadang bahkan varises vulva vagina. Rahim Anda yang semakin membesar hari demi hari menekan pembuluh darah panggul dan pembuluh balik bawah (vena cava inferior), sebuah pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari tungkai kaki bagian bawah. Tekanan ini bisa memperlambat aliran darah kembali dari bagian bawah tubuh menuju jantung, kemudian meningkatkan tekanan pada pembuluh darah rahim sehingga menyebabkan pembuluh darah tersebut melebar dan bengkak. Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah Anda mengendur, yang menyebabkan mereka lebih mudah membengkak. Progesteron juga berkontribusi terhadap sembelit dengan memperlambat kerja saluran usus Anda.

Beberapa tanda dan gejala wasir, termasuk:

• Gatal atau sensasi panas • Keluar darah berwarna merah terang setelah BAB • Rasa sakit yang tajam dan menusuk dekat anus Anda • Tonjolan atau lapisan kulit ekstra di sekitar anus • Nyeri atau sakit selama atau setelah BAB • Tekanan yang tidak nyaman

Anda biasanya dapat merasakan benjolan tersebut. Keluarnya bercak darah saat BAB bisa membuat rutinitas kamar mandi sedikit tidak nyaman. Terkadang, Anda mungkin merasa seolah perut Anda masih penuh, bahkan setelah BAB, dan masih harus dikosongkan. Ambeien akan berangsur menghilang dengan sendirinya setelah persalinan. Namun, jika Anda mengalami perdarahan hebat, penting untuk segera mengunjungi dokter terdekat untuk bisa menentukan pengobatan apa yang diperlukan, jika diharuskan.

Untuk mengatasi ambeien saat hamil…Anda bisa lakukan beberapa tips sederhana di bawah ini: Berendam. Isi bak kamar mandi Anda dengan air hangat dan rendam tubuh Anda selama 10-15 menit setiap hari. Lakukan 2-3 kali sehari.

Minum banyak air dan makan banyak serat untuk menghindari sembelit. Saat sembelit, feses akan mengeras. Tenaga mengejan saat sembelit yang Anda keluarkan akan menambahkan tekanan pada pembuluh darah, membuatnya semakin membengkak dan memerah iritasi. Jangan pula memaksakan mengejan.

Lakukan senam Kegel. Selain membantu menguatkan dinding perineum Anda untuk proses persalinan, Kegel juga memperlancar aliran darah yang bisa meredakan dan mencegah wasir.

Gunakan bantal ‘donat’ sebagai alas duduk. Saat duduk di alas yang rata terasa menyakitkan, coba gunakan bantal yang memiliki lubang di tengahnya untuk memudahkan Anda duduk.

Jangan duduk terlalu lama. Posisi duduk semakin memberikan tekanan pada pembuluh darah anus dan rektum Anda. Lebih baik berbaring menyamping atau berdiri saja, kalau Anda bisa. Jika Anda diharuskan duduk, ganti posisi setiap beberapa menit sekali dan bergeraklah sesering mungkin.

Kompres anus Anda dengan es untuk meredakan bengkak. Gunakan obat ambeien nonresep. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai salep atau krim ambeien, atau tisu basah obat apa yang terbaik untuk kondisi Anda. Walaupun begitu, krim atau salep ambeien tidak berfungsi untuk menyembuhkan wasir. Kandungan obat dalam salep/krim wasir hanya berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan nyeri akibat wasir. Bersihkan area bokong dan anus menggunakan tisu basah non-parfum setiap kali usai BAB. Keringkan dengan tisu kering yang bersih. Lakukan keduanya dengan gerakan menepuk, jangan menggosok untuk menghindari iritasi.

Wasir Dalam Ambeien internal adalah Pembengkakan yang terjadi dalam rektum, sehingga tidak bisa di lihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit, karena adanya sedikit saraf di daerah rektum. Gejala yang bisa diketahui adalah pendarahan yang terjadi saat buang air besar. Jika ini yang terjadi, maka masalahnya lebih gawat lagi. Sebab, bila ambeien internal membesar dan keluar ke bibir anus, maka penderita akan merasa sangat nyeri. Ambeien yang terlihat berwarna pink ini, setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi ada juga yang harus didorong masuk dengan jari.Awal mulanya, ambeien/wasir tidak tampak dari luar dan gejalanya pun yang sering dikeluhkan adalah pendarahan yang dirasakan tanpa rasa sakit ketika BAB dengan feses yang sifatnya mengeras. Namun kemudian pada akhirnya ambeien ini akan mulai membesar dan akan semakin terlihat menonjol keluar, wasir dalam memiliki fase dalam stadium yang dibagi menjadi 4 stadium:

Wasir atau hemoroid sering kali menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari, tapi ada banyak pengobatan untuk mengurangi gatal-gatal dan rasa tidak nyaman yang muncul. Membuat perubahan pola makan sederhana dan tidak mengejan saat buang air besar, biasanya disarankan oleh dokter sebagai perawatan awal.

Kadang-kadang diperlukan perawatan yang lebih invasif. Perawatan ini tergantung kepada letak hemoroid. Apakah hemoroid berada di atas, di bawah, atau pada dentate line (garis dentate). Garis dentate adalah garis batas pada dinding kanal anus yang memisahkan area yang mampu merasakan rasa sakit dari area yang tidak mampu merasakan. Penanganan tanpa operasi pada hemoroid akan sangat menyakitkan jika hemoroid tumbuh pada atau di bawah garis dentate. Karena saraf pada area itu bisa mendeteksi rasa sakit. Jika hal ini terjadi, operasi hemoroid akan disarankan untuk dilakukan.

Perubahan Pola Makan dan Mawas Diri Jika hemoroid disebabkan oleh konstipasi, Anda harus berusaha agar tinja menjadi lunak dan Anda bisa membuang air besar secara teratur. Tujuannya agar Anda tidak mengejan saat membuang air besar. Untuk melakukan itu, Anda bisa meningkatkan asupan serat dalam menu makanan Anda. Beberapa sumber serat yang bagus adalah roti dari biji-bijian utuh, sereal, buah, dan sayuran.

Sumber:

https://challenges.openideo.com/profiles/eliyah.braydan https://challenges.openideo.com/challenge/bridgebuilder2/impact/cara-alami-menghilangkan-benjolan-ambeien-dengan-bawang-putih https://challenges.openideo.com/challenge/bridgebuilder2/impact/ampuh-100-cara-mengobati-penyakit-ambeien-atau-wasir-secara-alami https://challenges.openideo.com/challenge/bridgebuilder2/impact/9-cara-mengobati-ambeien-dengan-cepat-tanpa-operasi https://challenges.openideo.com/challenge/bridgebuilder2/impact/tidak-ada-yang-menduga-ternyata-ini-gejala-awal-hiv


Front page   Edit Freeze Diff Backup Upload Copy Rename ReloadPrint View   New Page Page list Search Recent changes   Help   RSS of recent changes (RSS 1.0) RSS of recent changes (RSS 2.0) RSS of recent changes (RSS Atom) Powered by xpWiki
Counter: 25, today: 1, yesterday: 1
Princeps date: 2018-11-27 (Tue) 11:36:08
Last-modified: 2018-11-27 (Tue) 11:36:08 (JST) (14d) by dudiba
termscompany